Saturday, February 6, 2016

Tanaman Ini Menyebabkan Leukimia Mematikan? Tanaman Dollar Yang BikinWas-Was!

Beberapa hari lalu Saya agak kaget dengan pertanyaan rekan kerja saat tengah ngobrol sebelum berangkat penilaian Sekolah Adiwiyata. Yang bikin kaget adalah beliau bertanya "Pak, apa benar tanaman ini (sambil nunjuk ke sebuah pot berisi tanaman) bisa bikin kanker?". "What?" Dalam hati tentunya. "Saya bacanya di facebook, katanya tanaman ini bisa menyebabkan kanker. Jadi takut, soalnya di rumah banyak tanaman ini di halaman", lanjut si rekan. Waduh... sebenarnya Saya pernah baca sekilas tentang isu itu, tapi karena tidak percaya akhirnya tidak begitu Saya hiraukan. Pertanyaan rekan tadi membuat Saya jadi harus membaca lagi info tentang isu itu.



Beruntung dunia saat ini punya si mbah gugel yang nyaris bisa membantu menemukan apa yang kita cari, termasuk tentang tanaman itu dan hubungannya dengan pertanyaan rekan Saya. Pas lagi gugling ternyata info tersebut sudah ditulis oleh emaknya Benjamin nun jauh di sana, peringkat satu pula (#plok...plok...plok...).

tanaman dolar

Oh iya, ini gambar tanaman yang dimaksud rekan Saya. Ternyata namanya adalah Zamioculcas zamiifoliaLebih dikenal sebagai tanaman Zamia, ZZ Plant atau saat ini trennya menjadi Tanaman Dollar. Dan inilah info tentang si Tanaman Dollar dan kanker yang tersebar luas di sosial media:
Copas dari sebelah.
Bila ada yg tau nama tumbuhan dlm artikel di bawah ini tolong ditulis dlm kolom komen.

BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!

Adik ipar saya umur 31 thn baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.
Di China sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan suratkabar China saja. Sedangkan ditempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah..

PERHATIAN DAN WASPADA !!!
Jika ada tanaman ini di rumah,
silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia)

Jadi wajar rekan Saya kuatir soal si Tanaman Dollar. Lha wong info di atas bisa menyebabkan kanker darah atau bahasa kerennya leukimia. Sebuah penyakit sangat mematikan. Beberapa tetangga dan yang pernah Saya dengar menderita kanker darah harus mengakhiri penderitaan penyakit ini dengan cara meninggal. Kabarnya sih belum ditemukan pasti apa obatnya.

Lalu, kembali ke pertanyaan di atas, benarkah tanaman dollar bisa menyebabkan leukemia?

Di sebuah artikel yang diterbitkan ecoticraiforest disebutkan bahwa "Peluang untuk keracunan akibat memakan tanaman ini sangat rendah, khususnya tanaman Philodendron, Anthurium, Alocasia, Colocasia, dan Zamioculcas zamiifolia". Jadi, ini kita pegang bahwa Tanaman Dollar sangat kecil kemungkinan menyebabkan keracunan.

Selanjutnya, info yang berkembang menyebutkan bahwa Tanaman Dollar mengandung Kalsium Oksalat yang berbentuk seperti jarum sehingga akan membuat kulit tertusuk dan terinfeksi. Sebagian informasi tersebut memang benar. Kalsium oksalat memang ada di tanaman dollar, bentuknyapun seperti jarum. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa kalsium oksalat juga ada di beberapa tanaman berikut:

  1. Singkong

  2. Bayam

  3. Wortel

  4. Lobak

  5. Sawi

  6. Kacang

  7. Bawang putih

  8. Selada dan selada air

  9. Ubi jalar

  10. Brokoli

  11. Seledri

  12. Terong

  13. Kembang kol

  14. Asparagus

  15. Kubis

  16. Tomat

  17. Kacang

  18. Kentang

  19. Bawang

  20. Lada

  21. Ketimun

  22. Jagung, dll

Nah, kalau benar Kalsium Oksalat memang penyebab leukimia alias kanker darah, mengapa hingga saat ini Anda aman-aman saja. Bukankah ke-22 tanaman di atas menjadi konsumsi harian Anda?

Lagipula, sepengetahuan Saya untuk menentukan apakah sebuah penyakit disebabkan oleh penyebab tertentu membutuhkan pembuktian ilmiah yang cukup lama. Apalagi leukimia ini termasuk penyakit ganas yang selama ini masih menjadi bahan penelitian para ilmuwan tentang apa pencetus atau penyebabnya.

Jadi, bisa dipastikan informasi tersebut di atas tentang tanaman dollar penyebab kanker darah alias leukimia adalah HOAX alias BOHONG alias LECEKAN! Mumpung jaman sedang canggih, akses internet sedemikian massive dan mudah, andaikan Anda atau siapapun menerima informasi sejenis seperti info hoax di atas mbok ya di periksa dulu ke si mbah. Jangan sampai pesatnya kemajuan teknologi internet justru bikin kita semua sengsara.

So, Tanaman Dollar menyebabkan Leukimia? HOAX!!! Mulai sekarang, rawat kembali tanaman dollar Anda, sirami dengan rutin, sayangi sepenuh jiwa, sebab dia tidak bersalah kepada Anda. Justru orang-orang tidak bertanggung jawablah yang membuat anda berpisah dengan tanaman kesayangan.

7 comments:

  1. Bahaya juga ya

    http://ru88ercookie.com/2016/02/06/ktm-perkenalkan-motor-moto-2-indikasi-siap-gantikan-honda-di-2019/

    ReplyDelete
  2. Reblogged this on rideralam.com and commented:
    Sempat heboh soal tanaman yang katanya bisa menyebabkan penyakit kanker darah atau leukimia jika bersentuhan. Ramai di share di sosial media, namun sayang info itu ternyata hanya Hoax. Tanaman tersebut adalah tanaman dolar. karismauyy.com menjelaskan mengapa info itu jadi hoax. Monggo

    ReplyDelete
  3. Absen dulu gans...
    http://khsblog.net/2016/02/05/ada-pesawat-bouraq-di-ponpes-sunan-drajat-lamongan/

    ReplyDelete
  4. Aaaaa..
    Tetangga udah siap pisau mau musnahin tanaman dolarnya.. stlh baca ini jadi ragu dEh dia..

    ReplyDelete
  5. Tetangga saya meninggal dunia karena tanaman dollar

    ReplyDelete