Monday, September 12, 2016

MotoGP San Marino 2016: Dani Pedrosa Menang, Rossi-Lorenzo Podium


MotoGP San Marino 2016: Dani Pedrosa Menang, Rossi-Lorenzo Podium

Hai kawan, lama tak jumpa ya... Kali ini saya coba kembali merangkai puzzle semangat yang berserakan untuk meramaikan lagi AsyikBetul ini. Kabar pertama dalam tiga bulan terakhir adalah dari MotoGP San Marino 2016. Rangkaian ke-13 dari 18 seri MotoGP musim ini. Seri kampung halamannya Valentino Rossi.
Dan hasilnya diluar dugaan. Valentino Rossi yang digadang-gadang akan memenangi seri ini ternyata harus puas finish kedua di belakang pembuat kejutan seri ini, Dani Pedrosa. Yup, Pedrosa secara fantastis mampu merebut kemenangan pertamanya musim ini di kandang Rossi.

Start dari posisi kedelapan, Pedrosa sangat diuntungkan dengan strategi cerdasnya dalam memilih tipe ban. Ban jenis soft dipiliha Pedrosa untuk menemaninya melahap 28 lap Sirkuit Marco Simoncelli Misano. Hasilnya sangat luar biasa. Perlahan lap demi lap Pedrosa makin menunjukkan kecepatan yang terus meningkat. Sampai akhirnya di pertengahan lomba Ia sudah berada di belakang Marquez-Lorenzo-Rossi yang memimpin race.

Tidak butuh waktu lama untuk overtake Marquez, Pedrosa segera membidik posisi runner up Lorenzo. Benar saja, mirip dengan kala menyalip Marquez, Pedrosa sukses melewati hadangan Lorenzo tanpa kesulitan berarti. Gap Pedrosa dengan sang pimpinan lomba, Rossi lumayan lebih dari 1 detik. Namun, melihat pace dan catatan waktu (lap time) Pedrosa yang lebih cepat dari Rossi, rasa-rasanya hanya soal waktu baginya untuk menyalip the doctor.

Dan, benar saja di lap 22 Pedrosa sudah berada di depan Rossi. Pedrosa dan ban softnya memang sangat cepat. Bahkan, usai lomba ketika ditanya soal Pedrosa, Rossi menjawab "Saya sudah berusaha bertahan, namun Ia (Pedrosa) sangat cepat hari ini". Yup, Pedrosa akhirnya masuk finish pertama dengan keunggulan 2 detik lebih dari Rossi di tempat kedua. Lorenzo mengakuisisi podium ketiga, sedangkan Marquez di tempat keempat.

Sebuah hasil fantastis mengingat sepanjang sesi latihan bebas Jumat-Sabtu, pace Pedrosa biasa-biasa saja. Di kualifikasi juga tidak terlalu bagus hanya start kedelapan. Namun, saat race semua berbalik 180 derajat. Pedrosa ngamuk dan merebut kemenangan pertamanya musim ini sekaligus menjadi pembalap kedelapan yang bisa menang musim ini. Rekor!

Hasil MotoGP San Marino 2016:
1. Pedrosa
2. Rossi
3. Lorenzo
4. Marquez
5. Vinales
6. Dovizioso
7. Pirro
8. P Espargaro
9. Crutchlow
10. Bautista
11. Petrucci
12. Bradl
13. Barbera
14. Laverty
15. Redding
16. Hernandez
17. Rabat

Gagal Finish:
1. A Espargaro
2. A Lowes
3. J Fores

No comments:

Post a Comment