Tuesday, May 17, 2016

Konstelasi Perpindahan Pembalap MotoGP Musim 2017, Mulai Fix Beberapa Nama


Konstelasi perpindahan pembalap MotoGP musim ini semakin ramai. Semua bermula dari keputusan Jorge Lorenzo yang memilih hengkang ke Ducati, meninggalkan Yamaha yang sudah 8 tahun dibelanya. Efek kepindahan Lorenzo menjadi mirip bola salju bagi tim dan pembalap lain.


Sebelum Lorenzo mengumumkan kepindahan ke Ducati, Yamaha telah memastikan terus mengikat Valentino Rossi hingga 2018. Berarti kursi Yamaha masih kosong untuk musim depan. Satu nama yang menjadi bidikan Movistar Yamaha adalah pembalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales. Setelah cukup lama menghias pemberitaan media, kabar terakhir menyebutkan bahwa Vinales telah menanda tangani kontrak dengan tim asal Iwata itu untuk masa bakti 2 tahun. Pengumuman transfer ini kemungkinan akan dilakukan Kamis (19/5) jelang seri Mugello, Italia.


Mendapati pembalap andalannya diincar Yamahs, Suzuki jelas tidak tinggal diam. Awalnya berusaha mati-matian mempertahankan Vinales, ketika angin mengarah ke kepergian sang bintang, Suzuki mulai membidik pembalap pengganti. Nama yang santer dikaitkan adalah juara dunia Moto2, Johann Zarco. Tapi, ini belum resmi, bahkan dalam perkembangannya ternyata tidak hanya Zarco yang dikaitkan dengan Suzuki. Ada satu nama lagi pembalap tenar yang kabarnya tengah negosiasi. Pembalap itu adalah Andrea Iannone.


Iannone menjadi "korban" kepindahan Lorenzo ke Ducati. Setelah sempat mengambang, Ducati akhirnya lebih memilih mempertahankan Andrea Dovizioso untuk diduetkan dengan Jorge Lorenzo dibanding Andrea Iannone. Iannone dikabarkan telah bernegosiasi dengan Suzuki Ecstar.

Selain beberapa nama tersebut di atas, ada nama-nama lain yang telah mendapatkan kepastian membalap di kelas premier musim depan. Pabrikan asal Austria misalnya, KTM yang telah resmi merekrut pembalap Yamaha Tech3 asal Inggris Bradley Smith. Kontrak dua tahun telah ditandatangani. KTM masih butuh satu pembalap lagi untuk melengkapi line up timnya. Tim pabrikan asal Italia lainnya, Aprilia juga telah punya satu pembalap musim depan. Dia adalah bintang Moto2 yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Indonesia, Sam Lowes juga dari Inggris.


Sementara itu, tim yang ditinggalkan Bradley Smith, Yamaha Tech3 telah menemukan penggantinya. Dia adalah pembalap Moto2 asal Jerman, Jonas Folger. Wow... MotoGP musim depan bakalan ada beberapa rookie dari Moto2 nih. Sam Lowes, Jonas Folger dan kemungkinan juga Johann Zarco. Menarik...

Kita tunggu saja drama silly season MotoGP 2016 ini. Bagaimana ending semuanya, siapa nama-nama pembalap yang beruntung akan menggeber motor prototype terbaik sekolong jagad ini musim depan. Ciao...

No comments:

Post a Comment