Sunday, September 27, 2015

Ingin Bangkit... BlackBerry Akan Luncurkan Priv, BlackBerry BerbasisAndroid!

image



Beberapa tahun silam pesaing utama iOS adalah Blackberry (BB). Namun, ketika negara api Android sukses besar bersama Samsung, perlahan pamor BB makin tenggelam. Kenyamanan keyboard qwerty yang lama menjadi andalan BB serta keamanan tingkat tinggi lalu lintas data dari perusahaan berpusat di Kanada itu tidak mampu lagi membendung kemudahan, kecepatan serta keragaman aplikasi dari si robot hijau. Dunia hanya mengenal Android dan iOS, yang lain ke laut saja.

Alhasil, BB akhirnya mencoba berinovasi dengan meluncurkan sistem operasi (OS) anyar BlackBerry 10 atau BB10. OS BlackBerry dengan rasa Android. BB berharap OS terbarunya ini mampu mengembalikan reputasi BB yang pernah melambung. Namun, apa lacur hingga saat ini BB10 bisa dibilang gagal. Selain tidak bisa diterima masyarakat layaknya ponsel-ponsel Android, BB10 juga tidak bisa mengimbangi laju Android dan iOS.

BB sempat membuat gebrakan dengan melepas salah satu fitur andalannya selama ini BlackBerry Messenger (BBM) menjadi tidak lagi hanya dimiliki perangkat BB saja. BBM go to public dengan menjadi aplikasi yang bisa digunakan di perangkat ber-OS Android dan iOS. Lumayan hasilnya. BB mulai mendapat pemasukan. Namun, di sisi perangkat keras, BB masih belum bisa bangkit. Hingga akhirnya sebuah kabar terkini tengah menjadi topik utama pembicaraan para analis mobile phone yakni BB akan menggunakan OS Android. Wow...

Dilansir dari KompasTekno, CEO BlackBerry, John Chen telah mengumumkan bahwa perusahaan memang tengah bersiap meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi Android. Dasarnya adalah untuk mengakomodasi keinginan para pecinta BB dengan keyboard fisik namun dengan aplikasi-aplikasi terkini.

Chen mengatakan, ponsel BlackBerry yang diberi nama Priv (asal nama dari "Privacy" dan "Privilege") itu adalah smartphone Android teraman yang beredar di pasaran. Menurut Chen, Priv merupakan perangkat flagship yang ditujukan untuk konsumen umum, pekerja profesional, juga kalangan pemerintahan yang ingin produktif dan aman dengan perangkat Android. Rencananya Priv akan diluncurkan tahun ini. Chen juga menyebutkan tidak akan ada peluncuran pengkat anyar untuk BB10. Nah lho... bakalan disuntik mati kayaknya nih.

Untuk spesifikasi rumor yang beredar menyebutkan bahwa ponsel ini akan memiliki layar 5,4 inci (2560x1440), prosesor Snapdragon 808, RAM 3GB, kamera 18 megapiksel dan 5 megapiksel, serta keyboard yang mendukung touch input seperti BlackBerry Passport.

Wow... pertanyaannya adalah akan dijual berapa si Priv ini, mengingat sejarah ponsel BB yang selalu dijual di kisaran menengah ke atas. Pertanyaan selanjutnya, apakah akan laku?

No comments:

Post a Comment