Tuesday, January 5, 2016

Kemendikbud Rilis Tujuh Provinsi Terbaik Nilai Uji Kompetensi Guru 2015

image



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis tujuh provinsi dengan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) terbaik se Indonesia. Nilai yang diraih tersebut merupakan nilai yang mencapai standar kompetensi minimum (SKM) yang ditargetkan secara nasional, yaitu rata-rata 55.

Adapun ketujuh provinsi tersebut adalah...

1. DI Yogyakarta nilai 62,58
2. Jawa Tengah nilai 59,10
3. DKI Jakarta nilai 58,44
4. Jawa Timur nilai 56,73
5. Bali nilai 56,13
6. Bangka Belitung nilai 55,13
7. Jawa Barat nilai 55,06

Rata-rata nasional hasil UKG 2015 untuk kedua bidang kompetensi, yakni pedagogik dan profesional adalah 53,02.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan nilai terendah dari dua bidang kompetensi yang diujikan adalah di bidang pedagogik yaitu cara mengajar guru yang kurang baik. Hasil UKG untuk kompetensi bidang pedagogik saja, rata-rata nasionalnya hanya 48,94 alias jauh di bawah SKM 55.

Bahkan, hanya ada 1 provinsi yang memiliki nilai rataan di atas SKM nasional di bidang pedagogik yakni DI Jogjakarta saja dengan nilai 56,91.

Lalu, setelah nilai UKG ini keluar, what next?

"Dengan data ini kita dapat potret untuk kita memperbaiki diri,” ungkap Pranata

Ia mencontohkan, ada guru yang mendapat nilai rata-rata 85. Namun meskipun nilai tersebut baik, setelah dianalisis hasilnya, guru tersebut memiliki kekurangan di beberapa kelompok kompetensi. “Dia ada kekurangan di tiga kelompok, yaitu kelompok kompetensi 1, kelompok kompetensi 4, dan kelompok kompetensi 6. Maka dia harus memperbaikinya,” tutur Pranata.

Salah satu instrumen untuk meningkatkan kompetensi guru itu adalah dengan pelatihan dan pendidikan yang lebih terarah sesuai dengan hasil UKG.



monggo mampir ke:
Twitter @karismapr
Faceebook Karis Mauyy

No comments:

Post a Comment