Monday, June 6, 2016

Klasemen Pembalap Hingga GP Catalunya, Marquez Kudeta Lorenzo, Rossi Mendekat!


Klasemen Pembalap Hingga GP Catalunya, Marquez Kudeta Lorenzo, Rossi Mendekat!

Hasil MotoGP Catalunya, Barcelona Minggu (5/6) membuat komposisi klasemen sedikit mengalami perubahan. Posisi pimpinan klasemen bergeser pasca hasil minor yang diraih Jorge Lorenzo. Sedangkan, Valentino Rossi mulai mendekati rival-rivalnya.
Marc Marquez yang hanya finish kedua di belakang sang juara Valentino Rossi berhasil menggeser Lorenzo dari singgasana pembalap. Tambahan 20 poin membuat total poin Marquez saat ini adalah 125 unggul 10 poin dari Lorenzo di posisi kedua. Sementara itu, kemenangan kedua Rossi musim ini membuat poin yang telah dikumpulkan the doctor menjadi 103. Ada gap 22 poin dan 12 poin dari kedua rivalnya di atas.

Konsistensi Marquez musim ini memang membuat juara dunia 2013 dan 2014 itu punya peluang terbesar merebut title. Jika selama ini Marquez hanya mengenal menang or never, musim ini Ia lebih dewasa. Kemenangan tetap diburu, namun poin adalah yang utama. Seperti yang ditunjukkan di Catalunya kemarin. Marquez mengaku sangat ngotot untuk mengejar Rossi di depan, namun ketika Ia membaca tulisan pit board dari krunya bahwa Lorenzo down, Ia langsung merubah mindset-nya untuk lebih mengamankan poin yang akan diraihnya dibanding ngotot menang dengan resiko jatuh juga.

Kekuatan Lorenzo selama ini adalah kecepatan. Boleh diambil kesimpulan, pembalap paling kencang musim lalu dan musim ini adalah Lorenzo, tentu saja dengan catatan kondisi motor dan moodnya tengah top form. Jika itu bisa dirasakannya, tak ada yang sanggup mengalahkannya. Namun, jika ada satu saja item yang bikin dia gak nyaman balapan, dijamin podium akan menjauh darinya. Itulah Lorenzo.

Jika musim lalu konsistensi menjadi modal Rossi, musim ini hal itu sulit diulanginya lagi. Dalam 7 seri awal musim ini, the doctor sudah 2 kali gagal finish, bandingkan dengan musim lalu dalam 7 seri awal sudah 2 kali menang dan selalu podium. Kekuatan Rossi musim ini adalah motor yang kencang. Dalam beberapa seri performa M1 terlihat sangat superior. Bahkan, Rossi terlihat seperti kembali ke jaman keemasannya dulu, begitu mendikte lawan untuk kemudian menyalipnya. Di Austin, Le Mans hingga Catalunya kemarin Rossi terlihat mudah menyalip pembalap-pembalap di depannya.

Lalu, bagaimana peluang ketiganya musim ini?

Masih ada 11 seri tersisa menuju penentuan siapa yang akan menjadi juara dunia. Seri terdekat adalah Assen, Belanda 3 pekan mendatang. Tahun lalu, Assen menjadi milik Rossi melalui sebuah pertarungan kontroversial dengan Marquez. Tahun ini susah untuk menebak, tapi saya yakin pemenangnya tidak akan lepas dari 3 nama itu, Lorenzo, Marquez atau Rossi.

Klasemen Pembalap MotoGP Hingga GP Catalunya, Minggu (5/6):

1. Marc Marquez 125 poin
2. Jorge Lorenzo 115 poin
3. Valentino Rossi 103 poin
4. Dani Pedrosa 82 poin
5. Maverick Vinales 72 poin
6. Pol Espargaro 59 poin
7. Aleix Espargaro 49 poin
8. Hector Barbera 49 poin
9. Andrea Dovizioso 43 poin
10. Andrea Iannone 41 poin
11. Eugene Laverty 39 poin
12. Bradley Smith 29 poin
13. Stefan Bradl 29 poin
14. Alvaro Bautista 29 poin
15. Danilo Petrucci 24 poin
16. Cal Crutchlow 20 poin
17. Michele Pirro 19 poin
18. Scott Redding 16 poin
19. Tito Rabat 13 poin
20. Loris Baz 8 poin
21. Jack Miller 7 poin
22. Yonny Hernandez 3 poin

Klasemen Pembalap Hingga GP Catalunya, Marquez Kudeta Lorenzo, Rossi Mendekat!

No comments:

Post a Comment