Saturday, June 4, 2016

Sate Lalak Situbondo, Sate Ayam Mini Dengan Rasa Maksi!


Sate Lalak Situbondo, Sate Ayam Mini Dengan Rasa Maksi! 

Kuliner kali ini masih dari seputaran Situbondo kawan. Namanya sate ayam. Siapa sih yang gak kenal dengan menu satu ini. Daging ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk oleh serutan batang bambu bernama tusuk sate. Satu tusuk biasanya berisi 3-5 potong daging ayam. Kemudian dibakar di atas bara api arang. Nah, di Situbondo juga ada sate ayam. Sama dengan sate ayam lainnya, mungkin ukuran potongan daging ayamnya yang sedikit beda. Kecil banget, sehingga di sini sate ayam ini sering disebut sate lalak.
Dalam bahasa madura, lalak berarti lalat. Bukan sate daging lalat, namun daging ayamnya berukuran kecil dianalogikan sekecil lalat yang memang berukuran kecil. Namun, walaupun kecil rasa satenya tetaplah AsyikBetul. Bahkan, ketika perut sudah kenyangpun masih bisa tergoda untuk menyantapnya. Paling pas kalau makannya bareng lontong. Dengan nasi enak juga sih, suka-suka kita lah.

Nah, kali ini saya kuliner sendirian. Kebetulan perut mulai lapar di sore hari dan tengah jalan-jalan sore. Sambil menikmati lalu lalang kendaraan bermotor pinggir jalan, enaknya menikmati sate lalak. Yang Saya pilih adalah sate lalak di sebelah utara Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Situbondo. Segera pesan seporsi (seporsi standar adalah 5 ribu Rupiah dengan jumlah 10 tusuk). Namun, anda bisa koq request seharga berapapun yang anda mau, tentu saja di atas 5 ribu Rupiah. Saya sih pesan 10 ribu Rupiah plus lontong satu bungkus. Lontongnya seribuan. Tidak perlu menunggu lama, 5 menit saja sudah siap santap. Saya mendapatkan 17 tusuk sate lalak untuk pesanan segitu. 

Segera disantap. Pertama yang bikin sate lalak ini AsyikBetul adalah bumbunya. Bumbu kacang dengan berbagai campuran rahasia di dalamnya (kapan-kapan saya tanya deh apa saja isi campuran bumbunya, lupa nanya euy tadi) dengan cita rasa manis. Apalagi kalau sudah dicampur kecap manis, AsyikBetul dah. Jujur, sebenarnya yang bikin sate lalak ini enak memang dari bumbunya. Bahkan, rasa daging ayamnya tidak semenonjol rasa bumbunya. Bahkan, jikapun tanpa sate ayamnya, makan bumbu sate saja dengan lontong sudah enak. Ketika masuk ke mulut, kolaborasi lontong, daging ayam bakar plus bumbu sate bikin nagih pokoknya. Kebetulan, saya suka cita rasa manis, makanya bumbu sate lalakini sangat cocok di lidah. Menghabiskan sate lalak 10 ribu plus lontong rasanya cepat, secepat mempersiapkannya di piring. Maklum, namanya satenya kecil. Bahkan, kalaupun ke-17 tusuk sate itu akan langsung anda disantapun dalam satu kali hap (jadi ingat artis deh) gak bakal kesulitan, muat koq di mulut. 


Di Situbondo cukup banyak penjual sate lalak yang bisa anda temui. Sedikit bisa saya sebutkan di jalan argopuro depan MAN 2 Situbondo, jalan pb sudirman di atas jembatan depan kantor pemda, depan toko acc, depan pasar senggol, depan gedung dprd, di depan polres dan masih cukup banyak lagi. Yang unik dari seluruh sate lalak mereka itu, rasanya mirip-mirip. Ternyata selidik punya selidik kesemua penjual sate lalak itu berasal dari satu daerah bernama desa wiringin anom. Lokasinya sekitar 4 km arah barat pusat kota Situbondo. Oh iya, mereka juga jualan di objek wisata Pantai Pasir Putih lho, namun tentu saja harganya berbeda, lebih mahal. Beberapa hari lalu saya sempat beli di sana, 10 ribu Rupiah plus lontong dapat sekitar 10 tusuk sate. Mungkin karena objek wisata plus mereka bayar retribusi jualan, jadi harganya agak mahal. 

Untuk sate lalak di seputaran kota Situbondo bisa anda temui mulai sore ba'da Ashar hingga malam sekitar jam 10an, bahkan kadang jam 9 malam sudah pada pulang. Habis dah... 

Jadi, kalau Anda kebetulan dari dan menuju Bali lewat jalur pantura, pasti akan lewat Situbondo, tidak ada salahnya mencoba icip-icip sate lalak ini. Jika Anda dari arah Surabaya, maka sate lalak yang bisa anda nikmati di rute depan gedung dprd. Jika dari Bali menuju Surabaya silahkan mampir di sate lalak yang depan MAN 2 Situbondo, depan pasar senggol, depan kantor pemda dan depan polres. Ingat, sore hingga malam ya. Dijamin nagih.... 

Sate Lalak Situbondo, Sate Ayam Mini Dengan Rasa Maksi!

#Kuliner #Situbondo #SateAyam #Sate #Satay #AayikBetul #SateLalak

No comments:

Post a Comment