Saturday, March 5, 2016

Bunda, Jangan Posting Foto Anak Ke Media Sosial Saat Pose Ini!

image



Melakukan dokumentasi buah hati seperti sebuah keharusan. Momen-momen lucu anak saat masih balita memang sayang jika tidak diabadikan. Namun, hal itu dapat menyebabkan masalah jika foto-foto anak kita sampai diunggah ke sosial media.


Kejahatan dengan basis sosial media semakin meningkat, salah satunya menyasar anak-anak yang tragisnya justru seolah-olah kita promosikan sendiri kejahatan itu menuju anak-anak kita. Sehingga ada batasan-batasan foto seperti apa yang layak diposting ke sosial media atau tidak.

Dikutip dari cnnindonesia, berikut beberapa pose anak yang sebaiknya tidak kita posting ke sosial media:

1. Foto Bersama Anak Orang Lain
Momen si buah hati saat bersama teman sebayanya seperti di acara ulang tahun dan sebagainya sebaiknya tidak langsung diposting ke akun sosial media kita. Tidak semua orang tua ingin foto anaknya diunggah ke dunia maya atau terpublikasi. Jadi, sebaiknya minta ijin dulu kepada mereka sebelum memposting foto anaknya.

2. Seragam dan Lokasi Sekolah
Mengunggah foto anak saat berseragam sekolah atau berpose di papan nama sekolahnya kemudian diposting ke sosial media sangat rentan mengundang kejahatan penculikan. Para penculik anak seiring perkembangan teknologi juga mulai mencari informasi korban via sosial media. So, hindari ya bunda!

3. Sewaktu Bepergian
Sebenarnya mendokumentasikan acara keluarga saat berekreasi sangat dianjurkan untuk sebuah kenangan di masa depan. Namun, hal itu bisa menjadi bencana jika foto tersebut diunggah ke media sosial lalu kita tuliskan secara lengkap detil momen tersebut seperti dimana lokasinya dan kapan acaranya. Seperti di poin 2 siapa tahu ada 'teman' anda di sosial media punya ide untuk melakukan penculikan.

4. Waktu Mandi
Salah satu momen lucu si kecil adalah saat dimandikan. Sehingga tak jarang para ibu atau bapak mendokumentasikan hal itu dan diunggah ke media sosial. Padahal, di luar sana para predator atau pedofil tengah mengintai mangsa. Bisa jadi gara-gara foto yang Anda unggah, anak anda jadi incaran berikutnya.

5. Momen Memalukan
Buah hati kita tetap butuh privacy lho. Jadi, jangan pernah memposting foto-foto konyol dia saat masih kecil sebab bisa saja hal itu akan dianggap memalukan saat si buah hati besar nantinya.

6. Perbuatan Berbahaya
Sering kita melihat di dunia maya foto-foto anak kecil memegang batang rokok, dibonceng tanpa helm atau berada di kemudi saat mobil sedang berjalan. Janganlah melakukan hal itu terhadap anak kita, kecuali Anda senang dibully di dunia maya.

Anak kita amanah Sang Maha Pencipta!

No comments:

Post a Comment