Saturday, March 19, 2016

Equinox Akan Melanda Indonesia, Suhu Udara Capai 36 Derajat Celcius...Ini Yang Harus Diakukan!

equinox

Akhir-akhir ini ramai pemberitaan tentang fenomena 'Equinox' yang kabarnya tidak hanya akan melanda Indonesia namun juga seluruh belahan dunia lainnya. Bahkan, telah menyebar broadcast-broadcast yang memberi peringatan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berhati-hati dengan suhu udara yang akan meningkat hingga 40 derajat celcius dalam seminggu ke depan. Apakah benar Fenomena Equinox memang berbahaya bagi manusia? Lalu apa sih yang disebut Equinox?


Equinox adalah salah satu fenomena astronomi, di mana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun yaitu pada 21 Maret dan 23 September. Atau dengan kata lain saat equinox adalah saat matahari berada di titik terdekat dengan bumi. Saat equinox berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan. Jadi, di bulan Maret ini fenomena equinox yang terjadi disebut Vernal Equinox. Jadi, tidak hanya di Indonesia lho ya...

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan fenomena euiqnox yang akan terjadi pekan depan. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto mengatakan bahwa fenomena equinox tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Suhu udara di wilayah Indonesia rata-rata paling tinggi akan mencapai 32-36 derajat celcius.

Sebelumnya telah beredar sejumlah pesan singkat dan broadcast bahwa akan terjadi fenomena equinox yang disebut akan memengaruhi Malaysia, Singapura dan Indonesia pada lima hari ke depan. Penduduk disarankan menghindari kegiatan di luar rumah antara pukul 12.00 - 15.00 sebab fluktuasi suhu bisa mencapai 40 derajat celcius guna menghindari dehidrasi dan heat stroke.

[display-posts category="informasi" posts_per_page="4"]

Namun, Yunus S Swarinoto mengatakan Equinox bukan seperti 'heat wave' yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat menyebabkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Jadi, kalem saja menghadapi pesan-pesan berantai soal fenomena equinox. Yang jelas suhu memang akan meningkat, secara umum kondisi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia cenderung kering seperti Sumatera bagian utara mulai memasuki musim kemarau. Masyarakat diimbau tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan. Saran tentang perbanyak minum air putih memang masuk akal dan baik untuk dilakukan.

3 comments:

  1. pantes hawane panas banget kang -_-

    ReplyDelete
  2. Itu yg diomongin suhu tubuh normal manusia atau suhu udara ya?
    Kata siapa di indonesia gk pernah 40° suhunya?
    Di tempat saya kalo siang hari suhunya bisa sampe 42°c
    Tepatnya di daerah simpang 5 semarang

    Itu orang kl ngomong ky gk punya dosa.

    ReplyDelete
  3. Belakangan suhu memang sudah meningkat drastis dan walaupun terjadi hujan, tapi akan panas kembali udaranya.

    ReplyDelete