Thursday, February 11, 2016

Asal Usul Julukan Uncle Sam Untuk Amerika Serikat, Ketika PenjualDaging Menjadi Legenda!

image[/caption]

Uncle Sam atau Paman Sam adalah julukan untuk negara adikuasa Amerika Serikat. Namun, tahukan Anda darimana julukan atau panggilan Uncle Sam itu didapat oleh negeri yang tengah dipimpin Barack Obama itu? Anda tidak tahu? Wajar, lha wong orang Amerika sendiri banyak yang tidak tahu tentang sejarah julukan negaranya sendiri itu. Lalu, dari mana asal-usul sebutan Uncle Sam itu?



Banyak versi yang menyebutkan cikal-bakal sebutan Uncle Sam. Beberapa orang menyebut sebagai metafora namun ada juga yang percaya bahwa Uncle Sam adalah nyata. Nah, kira-kira mana yang lebih mendekati kebenaran?
Per-hari Rabu (10/2) kemarin okezone.com mengulas soal asal-usul julukan Uncle Sam untuk Amerika Serikat. Saya juga coba gugling sejarah Uncle Sam dan menemukan sedikit cerita soal Uncle Sam ini.

Versi paling populer tentang sejarah julukan Uncle Sam adalah tentang seorang pedagang yang sehari-harinya memasok daging untuk para tentara nasional. Ia adalah Samuel Wilson. "Uncle Sam" adalah julukan bagi Wilson yang hidup sekitar tahun 1812-an.

Ketika itu, ada sebuah syarat bagi perusahaan yang akan mengirim makanan ke luar negeri, mereka wajib mencantumkan kode mengenai sumber makanan dan tujuan pengiriman. Samuel mencantumkan kode E.A-U.S. untuk paket daging tersebut.

Kemudian kode E.A-U.S itu diplesetkan oleh karyawan di bagian kurir sebagai Elbert Anderson dan "Uncle Sam" yang merujuk ke Samuel Wilson, padahal sebenarnya US adalah "United States". Berawal dari situlah Uncle Sam menjadi populer di kalangan warga Amerika Serikat. Ibarat kata Uncle Sam menjadi trending topic di Twitter kala itu sehingga setiap ada tulisan U.S pasti merujuk ke sebutan Uncle Sam.

Kondisi itu makin diperkuat setelah  Thomas Nast menampilkan sosok Uncle Sam dalam sebuah poster dengan gambaran sebagai orang tua yang menggunakan topi berbintang dan jas biru. Sosok itu digambarkan sebagai orang yang patriotik dan cinta tanah air. Dua sifat yang diambil dari karakter Samuel Wilson yang memang suka bekerja keras dan membantu tentara.

So, Uncle Sam adalah julukan untuk si patriotik dan suka bekerja keras bernama Samuel Wilson. Penjual daging yang melegenda. . Karakter yang akhirnya memang ditunjukkan warga Amerika Serikat selama ini, patriotisme tinggi dan senang bekerja keras. Sesuatu yang akhirnya menjadi modal negara itu untuk menguasai dunia lewat berbagai macam produknya.

2 comments:

  1. kenopo raut muka ne kayak mengintimidasi dan telunjuk e kenceng ? coba jelasno sam :mrgreen:

    ReplyDelete
  2. Nah iku lek... Aku yo getun, koq ngunu ya

    ReplyDelete