Tuesday, May 3, 2016

15 Game Ini Dilarang Karena Mengandung Konten Kekerasan Dan Adegan Dewasa

Daftar 15 Game Yang Dilarang Dimainkan Anak-Anak:
1. World of Warcraft
2. Grand Theft Auto (GTA)
3. Call of Duty
4. Point Blank
5. Cross Fire
6. War Rock
7. Counter Strike
8. Mortal Combat
9. Future Cop
10. Carmageddon
11. Shelshock
12. Raising Force
13. Atlantica
14. Conflict Vietnam
15. Bully
Daftar di atas dikeluarkan oleh sahabatkeluarga.kemdikbud dalam rangka mengantisipasi pengaruh buruk game-game berkonten kekerasan dan adegan dewasa yang tidak sesuai dengan usia anak-anak.
Website tersebut lebih lanjut mengungkapkan, penelitian Iowa State University Amerika Serikat menunjukkan bahwa bermain game yang mengandung kekerasan selama 20 menit dapat "mematikan rasa".
“Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati kepada orang lain,” ujar Wahyu Farrah Dina, Direktur Indonesia Heritage Foundation pada Seminar Pendidikan Keluarga Duta Oase Cinta Kemendikbud baru-baru ini.
Namun, upaya pemerintah memproteksi masa depan generasi muda mendapat tantangan dari beberapa pihak. Sehingga muncul petisi di change.org dengan tajuk 'pemblokiran permainan berbasis elektronik bukan solusi terbaik'. Hingga saat ini petisi telah ditandatangani 2.800 pendukung. Petisi menunggu hingga dukungan mencapai 5.000.
Game-game berkonten kekerasan dan adegan dewasa memang banyak beredar saat ini. Anak-anak sangat rentan menjadi korban sebab mereka masih belum bisa membedakan yang baik dan buruk. Sehingga peran orang tua akan pengawasan si buah hati menjadi sangat penting. Selain game, tayangan televisi juga harus diperhatikan.

No comments:

Post a Comment