Saturday, May 21, 2016

Kualifikasi MotoGP Italia 2016: Valentino Rossi Pole, Vinales Kedua dan Lorenzo Keempat


Valentino Rossi akan start terdepan di Mugello, Italia besok Minggu (22/5). Rossi sukses memberikan kepuasan pada pendukungnya yang memenuhi sirkuit Mugello dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi kedua MotoGP Italia 2016.
Rossi mencatat best lap time 1 menit 46,504 detik, unggul 0,094 detik dari calon tandemnya musim depan, Maverick Vinales di posisi kedua. Sedangkan pembalap Ducati yang mendominasi latihan bebas, Andrea Iannone harus puas hanya di posisi start ketiga tertinggal 0,009 detik dari Vinales. Wow... Tifiiiisss...

Keberhasilan Rossi meraih pole sebenarnya sudah mulai terlihat di latihan bebas keempat tadi sore. Rossi yang di latihan bebas kedua dan ketiga hanya berada di posisi 6 dan 8, naik ke posisi runner up tepat di belakang Andrea Iannone yang selalu menjadi yang tercepat di seluruh sesi latihan bebas (kecuali FP1) di latihan bebas keempat.

Latihan bebas keempat biasanya menjadi ajang pencarian set up motor untuk race Minggu. Di sini terlihat Rossi sepertinya sudah menemukan ritme M1-nya. Walau Iannone masih mendominasi di FP4 ini, namun gapnya dengan Rossi menipis.

Dan akhirnya di kualifikasi kedua, Rossi tidak terbendung untuk meraih pole position menggeser dominasi Iannone. Bahkan, Iannone justru hanya start ketiga di belakang Vinales sang runne up.

Baris pertama start diisi Yamaha-Suzuki-Ducati. Honda kemana? Ternyata melalui dua pembalapnya, Dani Pedrosa dan Marc Marquez, keduanya harus puas start di baris kedua dan ketiga. Marquez posisi kelima, Pedrosa ketujuh. Sedangkan Lorenzo ada dibaris kedua di depan Marquez.


Race MotoGP Italia 2016 besok akan disiarkan live oleh Trans7 dan Fox Sport buat yang langganan tv kabel mulai pukul 19.00 wib.

No comments:

Post a Comment