Friday, May 20, 2016

Resmi: Maverick Vinales Ke Yamaha, Andrea Iannone Ke Suzuki


Resmi: Maverick Vinales Ke Yamaha, Andrea Iannone Ke Suzuki

Press Conference MotoGP Italia 2016 memberikan kepastian perpindahan Maverick Vinales ke Movistar Yamaha mulai musim depan. Prescon yang dihadiri oleh tujuh pembalap MotoGP memang menjadi ajang "konfirmasi" perpindahan dua pembalap top MotoGP saat ini.Ada dua nama pembalap yang menjadi topik hangat transfer pembalap, yakni Maverick Vinales dan yang terbaru Andrea Iannone. Secara tidak langsung keduanya memang saling berkaitan. 

Semua bermula dari keputusan Jorge Lorenzo yang memutuskan meninggalkan tim yang sudah dibelanya selama 8 tahun, Movistar Yamaha. Lorenzo nampaknya gerah dengan perlakuan timnya yang lebih menomorsatukan Valentino Rossi dibanding dirinya yang berstatus juara dunia. Ducati menjadi destinasi karir berikutnya yang dipilih Lorenzo.

Keputusan Lorenzo gabung Ducati, otomatis membuat Yamaha dan Ducati punya PR. Yamaha butuh pengganti Lorenzo dengan pembalap yang berkualitas. Juara dunia gitu loh yang digantikan. Menurut Lin Jarvis, mereka punya dua pilihan yakni pembalap berpengalaman dan pembalap muda. Yang berpengalaman merajuk pada Dani Pedrosa. Namun, Maverick Vinales lah yang menjadi pilihan. So, gayung bersambut. Ambisi Vinales untuk bisa merasakan gelar juara dunia membuatnya mengambil keputusan untuk bergabung dengan tim yang lebih menjanjikan mewujudkan impiannya itu.


Bagi Ducati, bergabungnya Lorenzo membuat mereka harus memilih satu diantara dua Andrea, Dovi atau Iannone. Apalagi sang bos Paolo Ciabatti telah menutup pintu bagi pembalap baru musim depan. Pertimbangan style balap dan kecocokan dengan karakter Lorenzo membuat Dovilah yang menjadi pilihan. Sebuah keputusan yang berimbas langsung kepada Iannone. Sudah dibuang, Iannone mau tak mau harus mencari tim baru untuk musim depan. Namun, Iannone tidak perlu menunggu lama. Skill dan kemampuan balapnya membuat Suzuki kepincut untuk menggaetnya menggantikan posisi Vinales. Deal terjadi, prescon MotoGP Italia menjadi ajang konfirmasi kepastian transfer tersebut.

So, untuk tiga tim pabrikan papan atas sudah jelas line up pembalapnya untuk musim 2017. Honda telah mematenkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa, Yamaha punya line up baru pada sosok Valentino Rossi dan Maverick Vinales serta Ducati dengan Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Kita tinggal menunggu Suzuki menumumkan pembalap keduanya. Siapa yang akan mendampingi Andrea Iannone, apakah Aleix Espargaro, Johann Zarco atau justru nama baru yang tengah diincar, Alex Rins jagoan Moto2.

Line Up Sementara Tim-Tim MotoGP Musim 2017

Movistar Yamaha
1. Valentino Rossi #46
2. Maverick Vinales #25

Repsol Honda
1. Marc Marquez #93
2. Dani Pedrosa #26

Ducati Corse
1. Jorge Lorenzo #99
2. Andrea Dovizioso #04

Suzuki Ecstar
1. Andrea Iannone #29
2. tba

Aprilia
1. Sam Lowes
2. tba

KTM
1. Bradley Smith
2. tba

Yamaha Tech 3
1. Jonas Folger
2. tba

Marc VDS
1. tba
2. tba

LCR Honda
1. tba
2. tba

Pramac Ducati
1. tba
2. tba

Avintia Ducati
1. tba
2. tba

Aspar Ducati
1. tba
2. tba

Resmi: Maverick Vinales Ke Yamaha, Andrea Iannone Ke Suzuki

No comments:

Post a Comment