Wednesday, May 18, 2016

Makan Siang Di Istana Lele Situbondo, Lele Gorengnya Mantabs!


Makan Siang Di Istana Lele Situbondo, Lele Gorengnya Mantabs! Singkat cerita, Saya dan istri sudah sampai di Istana Lele. Memang sudah direncanakan untuk makan siang di rumah makan yang letaknya sekitar 30 km arah timur pusat Kota Situbondo itu. Maklum, kami memang suka menu lele. Akhirnya kami pesan dua porsi lele, saya pesan lele goreng, istri sukanya lele panggang.


Istana Lele adalah sebuah resto dengan menu utama lele. Seperti sudah disebutkan di atas Istana lele menyediakan dua menu lele, yaitu lele goreng dan lele panggang, suka-suka Anda saja seleranya yang mana. Tapi, yang kurang suka lele, tidak usah khawatir di Istana Lele juga menyediakan menu gurame.

Satu porsi lele di Istana Lele cukup berbeda dengan warung lele lainnya. Seporsi berisi 6 ekor lele. Namun, kemarin saya dan istri dapat bonus 1 ekor masing-masing ukuran lebih kecil. Seporsi ini sama dengan 1 kg lele hidup. Selain 6 ekor lele, seporsi berisi nasi, sambal merah matang (ini yang saya suka, lele goreng dengan sambal matang) dan lalap sayur kubis dan sawi. Jika anda merasa sambal yang disajikan kurang (menurut saya sih memang kurang, bayangkan 6 ekor lele sambalnya setara 1-2 ekor lele di warung biasa) Anda bisa meminta lagi ke pelayan, tentu saja tidak gratis namun sangat murah yakni 2 ribu Rupiah saja.

Bagaimana Rasanya?



Karena saya suka lele, khususnya lele goreng, rasa lele goreng di Istana Lele memang enak. Gorengnya cukup garing sehingga ketika dimakan ada terasa krenyes-krenyes, gurih dan mirip kripik di bagian-bagian tertentu yang sangat garing. Karena jumlah lele 6 ekor, penting ketika kita menyantapnya jangan sampai terasa eneg. Dan memang, sama sekali tidak terasa eneg menyantap lele sebanyak itu. Oh iya, untuk lele panggangnya aromanya menggoda juga koq. Saya sempat mencicipi seekor lele panggang milik istri, bagi anda yang suka pasti ketagihan. Tanpa sambalpun rasa lele plus bumbu merahnya sudah mantab di lidah.

Lokasi Istana Lele

Seperti disebut di atas, Istana Lele terletak di jalan raya Banyuwangi arah timur kota Situbondo. Perjalanan sekitar 45 menit dengan jarak tempuh 30 km dari pusat kota. Jika anda dari arah Surabaya menuju Bali, Istana Lele terletak di kiri jalan setelah Pabrik Gula Panji (kurang lebih 1 km).

Yang bikin betah di Istana Lele ini adalah tempatnya yang luas. Tempat untuk pelanggan atau tamu berupa gazebo. Ada dua jenis gazebo, sebelah selatan dan utara dengan lantai keramik dan gazebo sebelah timur dari kayu alasnya. Total ada sekitar 15 gazebo dengan ukuran rata-rata 2x2 meter.Yang terbesar di sebelah utara. Sayang, nampaknya gazebo yang dari kayu ini terlihat mulai kurang kokoh. Ada baiknya segera diupdate dengan lanta keramik juga, demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung. Di tengah-tengah antara gazebo dan dapur ada taman kecil dengan sejumlah kolam lele di tengah. Anda bisa melihat budidaya lele di sana. Buat anda yang hendak kesana bersama rombongan, tidak usah khawatir kehabisan tempat.


Istana Lele memang membudidayakan sendiri lelenya. Menurut penuturan pak Sunardi, sang pemilik, budidaya lele miliknya menggunakan makanan organik. Pakan lele tidak menggunakan konsentrat tapi menggunakan tepung ikan, tepung udang plus 12 campuran organik lainnya. Menurut pria pensiunan Balai Penelitian Tanaman Pertanian itu lele miliknya lebih berdaging dan panjang. Memang saat menu lele disajikan ukurannya lebih panjang dan dagingnya tebal.


Untuk harga seporsi lele goreng dan lele panggang sama yakni 32 ribu Rupiah/6 ekor, nasi putih 4 ribu/porsi, sambal dan sayur matang 2 ribu/porsi. Sedangkan untuk gurame harganya per-ons yakni 8 ribu Rupiah/ons. Cukup murah dan terjangkau apalagi dibandingkan dengan kepuasan yang didapat.

Makan Siang Di Istana Lele Situbondo, Lele Gorengnya Mantabs!

No comments:

Post a Comment