Tuesday, May 10, 2016

Pemuda Ini Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air Gara-Gara Gas Elpiji Sulit Didapat!


Pemuda Ini Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air Gara-Gara Gas Elpiji Sulit Di Dapat!
Kreativitas anak negeri tidak kalah dengan asing, Dede Miftahul Anwar bisa menjadi salah satu contoh. Pemuda 22 tahun yang berasal dari Kampung Krajan, Desa Cihambulu, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat ini berhasil menciptakan kompor berbahan bakar air.
Dede menjelaskan kompor kreasinya tersebut memanfaatkan prinsip penguraian kandungan air yakni oksigen dan hidrogen. Lebih lanjut Dede menjelaskan senyawa oksigen diendapkan dan gas oksigen itulah yang digunakan sebagai bahan bakar. Untuk mengurai kedua senyawa itu, Dede membuat senyawa khusus yang menjadi rahasia dapurnya.

Dede mengaku karena bahan dasar kompornya murah dan mudah diperoleh, dirinya bisa menjual gas hidrogennya tersebut dengan murah. Gas Hidrogen per tabung dijualnya 10 ribu Rupiah yang bisa digunakan warga selama 2 minggu. Tidak hanya tabung, Dede juga mendirikan Saung Pengisian Bahan Bakar Hidrogen (SPBH) sehingga tetangga-tetangganya tidak kesulitan melakukan pengisian Hidrogen.

Hasil kreasi Dede tersebut dilombakan dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015 dan berhasil menjadi juara pertama untuk bidang usaha teknologi non digital.

Lalu, apa latar belakang Dede sampai bersusah payah menciptakan kompor bahan bakar air? Semua berawal dari kesulitan warga di kampungnya untuk mendapatkan gas elpiji akibat susahnya akses jalan menuju kampungnya.

Dede menjelaskan untuk menuju kampungnya butuh waktu sekitar 5 jam dari pusat kota Bandung. Transportasi yang ada menuju kampung Krajan hanya tersedia ojek. Sepanjang jalan menuju kampungnya harus melewati bentangan sawah dan hutan karet. Kesulitan utama menuju kampung Krajan adalah di salah satu spot rute harus melewati sungai yang sangat lebar dengan arusnya yang deras. Jembatan yang ada hanya satu jembatan kayu.

Melihat kondisi tersebut, Dede akhirnya bersikeras menciptakan sebuah produk yang bermanfaat bagi orang tua dan warga kampungnya hingga akhirnya terciptalah Kompor Berbahan Bakar Air!

Dede ini harus dijaga. Bukan rahasia lagi jika negeri ini sangat antipati dengan kreativitas warganya. Sudah banyak contoh hasil kreativitas anak negeri yang disia-siakan bahkan dikriminalisasi. Ada Kusrin dengan kreasi tv bekasnya, Warsito dengan alat pembunuh kankernya hingga Ricky Olson si pembuat mobil listrik, itu hanya sebagian contoh kecil yang hasil kreativitasnya tidak dihargai negera.

Pemuda Ini Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air Gara-Gara Gas Elpiji Sulit Di Dapat!

AsyikBetul Idenya, bro!

Sumber: money.id

No comments:

Post a Comment