Saturday, May 7, 2016

Pedrosa Dan Lorenzo Kuasai Latihan Bebas Day 1 Le Mans, Perang Winglet Makin Gokiilll...!!!


MotoGP 2016 seri kelima telah dimulai Jumat (6/5) di Sirkuit Le Mans, Prancis. Sesi pembuka telah usai, di latihan bebas pertama Dani Pedrosa mendominasi dan Jorge Lorenzo giliran tercepat di latihan bebas kedua.

Latihan bebas pertama menjadi ajang unjuk gigi Dani Pedrosa. Pedrosa tak terduga mampu mempercundangi Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Best laptime Pedrosa dalam mengitari 4,2 km Le Mans adalah 1 menit 34,042 detik meninggalkan Lorenzo di posisi kedua dengan 1 menit 34,082 detik dan Marquez di posisi ketiga dengan 1 menit 34,323 detik. Hasil ini jelas agak mengejutkan, pasalnya sejak musim lalu nama Dani Pedrosa nyaris tidak pernah terdengar mengasai sesi latihan bebas. Sementara itu Rossi di posisi keempat dengan 1 menit 34,452 detik.


Di latihan bebas kedua, semua pembalap melakukan improve laptime cukup signifikan. Sebagai contoh Jorge Lorenzo yang menjadi tercepat mampu memangkas best laptimenya dari FP1 hingga nyaris 2 detik menjadi 1 menit 32,830 detik. Marquez merosot ke posisi tiga dengan 1 menit 32,313 detik tergeser oleh pembalap Ducati Andrea Iannone di posisi kedua dengan 1 menit 32,169 detik. Nampaknya winglet barunya Ducati moncer nih... Sedangkan Pedrosa yang tercepat di FP1 hanya berada di posisi 8 dengan 1 menit 33,748 detik. Rossi? lebih parah dari Pedrosa, terlempar ke posisi 10 dengan 1 menit 33,974 detik. Kabarnya sih ban menjadi alasan Rossi.

Ada yang cukup menarik terlihat dari gelaran latihan bebas di Le Mans kemarin yakni motor-motor para pembalap makin gokil memakai winglet. Paling disorot adalah Honda RC213V Marquez yang kembali memasang 3 pasang kanan-kiri. Ducati juga kembali fokus ke winglet, makin besar ukurannya. Sepertinya Ducati melihat winglet lebar Yamaha M1 cukup sukses sehingga mulai meniru. Suzuki juga mulai mantab pakai winglet. So, walau masih menjadi kontroversi, perkembangan winglet makin membahana nih.



No comments:

Post a Comment